perencanaan keuangan · Tips

Kesalahan Wanita Dalam Mengatur Keuangan

Terdapat 6 kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang wanita yang bertugas sebagai menteri keuangan keluarga. Kesalahan yang dimaksud adalah:

 

#1 Tidak Mencatat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran adalah hal yang harus dilakukan karena dari pengeluaran tersebut, Anda baru dapat mengetahui jumlah anggaran yang seharusnya Anda siapkan setiap bulannya serta Anda dapat mengetahui ke mana Anda menghabiskan uang yang telah Anda peroleh.

Tahap pertama setelah Anda mencatat pengeluaran adalah meninjau kembali pos-pos pengeluaran yang tidak Anda perlukan dan bagian mana yang perlu dilakukan penghematan. Setelah itu, dari total pengeluaran tersebut, Anda dapat menyiapkan anggaran dan membaginya berdasarkan masing-masing pos, misalnya untuk tagihan, konsumsi atau belanja.

Dengan cara tersebut, keuangan Anda akan lebih teratur. Anda pun dapat mencegah pengeluaran yang tidak diperlukan atau pengeluaran berdasarkan keinginan. Uang yang Anda miliki juga dapat tersisa untuk dijadikan tabungan atau modal investasi.

5-Ide-Usaha-Sampingan-Untuk-Ibu-Rumah-Tangga-Salah-Satunya-Makanan-Ringan-01-Finansialku

[Baca Juga: Cari Wanita dengan 6 Ciri ini Untuk Dapat Dipercaya Mengurus Keuangan Anda di Masa Depan]

#2 Tidak Memprioritaskan Kebutuhan

Wanita sering tergiur untuk membelanjakan uang mereka secara impulsif. Hanya tergiur untuk memenuhi keinginan dapat mengganggu keuangan keluarga dan pribadi. Misalnya ketika mereka berbelanja dan melihat adanya potongan harga atau promosi, mereka akan buru-buru membeli agar tidak ketinggalan promosi.

Padahal Anda dapat mengatasinya dengan membawa uang belanja secukupnya. Membedakan yang mana yang keinginan dan kebutuhan adalah hal yang harus Anda lakukan. Salah satu contoh kebutuhan adalah memerlukan rumah sebagai tempat tinggal, keinginan adalah ketika Anda ingin memiliki rumah mewah.

 

#3 Tidak Ada Dana Darurat

Tidak mempersiapkan dana darurat adalah kesalahan ketiga yang sering dilakukan oleh seorang wanita. Anda tidak dapat melakukan prediksi kapan sesuatu akan terjadi, misalnya tiba-tiba mobil Anda mogok, terjadi kecelakaan, salah satu anggota keluarga Anda masuk rumah sakit dan sebagainya.

Dengan mempersiapkan dana darurat, Anda tidak perlu kesulitan meminjam atau berutang sana sini. Sebaiknya dari seluruh pendapatan Anda, alokasikanah minimal 10% untuk pos dana darurat agar dapat dijadikan penyelamat jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya.

Bagaimana-Cara-Mengatur-Keuangan-Rumah-Tangga-dengan-Gaji-Kecil-2-Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil?]

 

Selain mempersiapkan dana darurat, Anda pun dapat membeli produk asuransi untuk melindungi Anda atau aset yang Anda miliki dari risiko kerugian. Beberapa produk asuransi yang dapat Anda pilih adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan hingga asuransi rumah atau bangunan apabila Anda adalah seorang wiraswasta.

Asuransi tersebut juga dapat melindungi keuangan Anda sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana dalam jumlah yang banyak jika hal yang tidak diinginkan terjadi. Sebelum membeli asuransi, sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan dan jangan sampai hal tersebut semakin memberatkan kondisi keuangan Anda.

 

#4 Tidak Menabung

Tidak menabung merupakan kesalahan fatal dalam sebuah pengaturan keuangan. Tabungan digunakan untuk pembiayaan di masa depan, misalnya Anda mempersiapkan tabungan untuk pendidikan anak atau untuk dana pensiun. Tanpa adanya tabungan, seluruh kebutuhan tersebut akan mengalami kesulitan dalam pembiayaannya.

Kenali-7-Ciri-Ciri-Seseorang-yang-Bunuh-Diri-Secara-Keuangan-Finansialku

[Baca Juga: Itu Bukan Wanita Matre, Tapi Wanita yang Realistis]

 

Memiliki tabungan berarti Anda mengatur keuangan tidak hanya untuk masa kini, tetapi juga masa depan. Dengan tabungan, Anda pun dapat terhindar dari kesulitan keuangan nantinya. Lebih dini Anda menabung, lebih banyak pula dana yang akan terkumpul. Alokasikan uang yang Anda habiskan untuk keperluan yang tidak penting untuk ditabung.

 

#5 Tidak Melakukan Investasi

Investasi merupakan salah satu jenis cara Anda menabung uang tetapi dengan keuntungan yang berlipat ganda. Dengan investasi, Anda dapat melipatgandakan uang yang Anda miliki. Selain itu, Anda pun dapat membiarkan uang yang bekerja untuk Anda, bukan Anda yang bekerja untuk uang.

Tetapi investasi harus dilakukan dengan berhati-hati karena setiap investasi memiliki risikonya masing-masing. Sesuaikan pilihan investasi dengan risiko yang mampu Anda terima. Terdapat banyak sekali pilihan investasi dengan keuntungan dan risiko yang berbeda seperti emas, obligasi, deposito, reksa dana, saham hingga properti.

 tutorial-bisnis-online-1

[Baca Juga: Saatnya Para Wanita Mulai Berinvestasi dan Pegang Kontrol Keuangan]

 

Sebelum Anda memulai investasi, tetapkan apa tujuan investasi Anda. Apakah untuk pembiayaan kebutuhan atau untuk membeli sesuatu. Dengan tujuan investasi yang realistis dan jelas, Anda akan memiliki motivasi lebih untuk berhemat demi memiliki sumber dana investasi.

 

#6 Sembarangan Meminjamkannya

Sebagai seorang wanita, Anda pasti memiliki banyak sekali teman, dan mungkin teman-teman atau bahkan keluarga Anda, ada yang membutuhkan uang. Namun Anda tidak boleh sembarangan meminjamkan uang. Pastikan bahwa orang yang meminjam uang Anda dapat membayarnya kembali dan Anda juga harus siap jikalau uang Anda tidak kembali lagi. Oleh karena itu, sebaiknya jangan meminjamkan uang pada sembarang orang, apalagi orang yang tidak dekat dengan Anda.

Hari Perempuan Internasional 2017 Saatnya Para Wanita Mulai Berinvestasi dan Pegang Kontrol Keuangan

[Baca Juga: 8 Hal Mindset Ini, Dapat Membuat Wanita Menjadi Sukses]

 

Perbaiki Kesalahan Anda

Setelah Anda mengetahui keenam kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang wanita, sebaiknya Anda lebih sadar dengan kontribusi Anda terhadap keuangan pribadi maupun keluarga. Hentikanlah kesalahan yang Anda lakukan dan cobalah untuk memperbaikinya sehingga Anda akan menuju kepada kebebasan keuangan dengan lebih cepat.

 

sumber :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s