Tips

Stress ? Ini Solusinya

Setiap manusia pasti pernah mengalami kegagalan hingga jatuh dan terpuruk. Banyak diantara mereka yang menyerah, ada yang lari dari masalah bahkan tak jarang banyak yang memilih untuk mengakhiri hidup mereka karena tidak sanggup dalam mengatasi masalah.  Stress, menjadi salah satu hal yang tidak asing bagi setiap orang. Stress terjadi karena diri kita sendiri, biasanya karena terlalu banyaknya hal yang dipikirkan, karena ketika memikirkan hal secara berlarut-larut akan membuat pikiran menjadi tidak fokus dan yang akhirnya menyebabkan stress.

 

Faktor Pemicu Stres

Beberapa faktor yang menimbulkan stress, yaitu:

#1. Masalah Pribadi

Yaaa setiap orang memiliki permasalahan pribadi, entah itu mengenai permasalahan keluarga, pekerjaan ataupun memiliki masalah dengan pasangan baik sudah menikah ataupun yang belum menikah. Terkadang permalahan pribadi memicu peningkatan stress seseorang, yang mengakibatkan semua hal yang dikerjakan menjadi berantakan karena kurangnya fokus pada pikiran dan kerja otak. Kondisi ini juga seringkali menjadi beban pikiran dan terbawa ke kantor sehingga mempengaruhi kinerja dan performa kerja.

Konsultasi-Bagaimana-Cara-Mengatur-Keuangan-bagi-Karyawan-Kontrak-atau-Tidak-Tetap-02-Finansialku

[Baca juga :  Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

#2. Masalah Keuangan

Salah satu hal yang memicu stress juga adalah permasalah finansial, karena dapat membuat pikiran”nyut-nyutan” disamping keadaan ekonomi global yang tak menentu serta persaingan kerja yang semakin kompetitif. Tak jarang juga yang berutang karena kurang bijaknya dalam mengatur keuangan atau beban pembiayaan kartu kredit yang tidak dapat dilunasi tepat waktu sehingga harus membayar bunga tagihan bulanan.

 

#3. Menyimpan Masalah Sendiri

Menyimpan permasalahan sendirian itu bukanlah solusi yang tepat tapi akan mengakibatkan tingkatan stress meningkat. Karena permasalahan yang berat terkadang tidak bisa diselesaikan sendiri.

10 Kebiasaan Para Pengusaha Sukses yang Dilakukan di Pagi Hari. Ayo Coba Dilakukan! 01 - Finansialku

[Baca juga :10 Kebiasaan Para Pengusaha Sukses yang Dilakukan di Pagi Hari. Ayo Coba Dilakukan!

 

Solusi Bebas Stress

Ada beberapa cara dan tips yang dapat Anda dilakukan untuk keluar dari stress:

 

#1 Olahraga

Olahraga yang rutin dipercaya dapat menurunkan tingkat ketegangan dan stres dengan mudah apalagi kalau olahraga itu adalah jenis permainan seperti sepak bola atau bakset yang menjadi hobi Anda. Pilihlah olahraga yang memang menjadi kesukaan Anda seperti berenang atau jogging. Anda dapat melakukannya bersama dengan teman, sahabat atau anggota keluarga Anda. Selain itu, dengan olahraga dapat mengurangi berbagai risiko terhadap penyakit-penyakit karena mampu melancarkan peredaran darah.

 

#2 Lakukan Yoga

Ketika melakukan yoga, Anda akan dapat melatih pikiran, teknik pernafasan dan juga gerakan tubuh yang dapat menyehatkan tubuh Anda disamping membuat pikiran menjadi lebih tenang dan dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi.

liburan-pake-kartu-kredit

[Baca juga : 15 Tips untuk Liburan Murah dan On Budget]

#3 Mendengarkan Musik

Banyak orang yang melakukan aktifitas pekerjaannya sambil mendengarkan musik, salah satunya instrument musik atau jenis musik yang mereka suka seperti pop. Dengan mendengarkan musik kesukaan dipercaya dapat menurunkan tingkat stres.

 

#4 Miliki Komunitas yang Positif

Berkumpul dan bercerita serta bersenda gurau dengan teman, sahabat dan bahkan anggota keluarga dapat membuat kita melupakan sejenak mengenai kondisi permasalahan yang dihadapi. Milikilah komunitas yang positif yang mampu membuat Anda memiliki semangat hidup yang positif dan meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam menghadapi permasalahan. Terkadang, ketika kita bercerita dengan sahabat yang kita percayai tanpa adanya feedback solusi yang diberikan, setidaknya mampu me-release beban hidup yang kita rasakan.

 

sumber referensi :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s