Kartu kredit · Tips

Tips Cara Pemakaian Kartu Kredit

Cara Pemakaian Kartu Kredit yang Benar

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar pemakaian kartu kredit milik Anda dapat dipergunakan dengan benar dan sebaik-baiknya

#1 Perhatikan Penggunaan Kartu Kredit Anda

Sebaiknya Anda menggunakan kartu kredit Anda sebesar yang mampu Anda bayarkan. Perhatikan penggunaan kartu kredit Anda dan gunakan hingga maksimal hanya 30% dari limit kartu kredit yang Anda miliki.

 

#2 Lakukan Pertimbangan Sebelum Menggunakan Pembelian Besar

Jika Anda berencana melakukan pembelian sesuatu dengan nominal yang cukup tinggi, cobalah untuk mempertimbangkannya ulang dan jangan terburu-buru mengambil keputusan. Anda dapat mengambil waktu berpikir setidaknya satu hari untuk mengetahui apakah Anda sungguh-sungguh memerlukan pembelian tersebut atau hanya menginginkannya saja.

Selain-Syarat-Membuat-Kartu-Kredit-Apa-Saja-yang-Harus-Anda-Tanyakan-Saat-Apply-Kartu-Kredit-Online-01-Finansialku

[Baca Juga: Biaya-Biaya Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Anda Melakukan Pengajuan Kartu Kredit Online]

 

#3 Tinjau Kembali Tagihan Anda

Meski jarang terjadi, lakukan selalu peninjauan kembali tagihan Anda selama satu bulan dan cek apakah waktu dan jumlah pembelian Anda telah sesuai dengan yang Anda lakukan. Apabila terdapat transaksi yang tidak Anda ketahui, segera lakukan konfirmasi kepada bank penyedia kartu kredit Anda.

 

#4 Konfirmasi Keterlambatan Pembayaran Anda

Jika karena suatu hal Anda tidak dapat melakukan pembayaran tagihan kartu kredit tepat waktu, segera lakukan konfirmasi atas keterlambatan Anda. Jika selama ini Anda merupakan konsumen yang baik dan senantiasa membayar tepat waktu, mungkin pihak bank mengurangi atau bahkan tidak membebankan biaya keterlambatan kepada Anda.

Liburan-dengan-Kartu-Kredit-Lebih-Menguntungkan-atau-Merugikan-1-Finansialku

[Baca Juga: Memilih Kartu Kredit Sesuai dengan Fitur yang Dibutuhkan]

 

#5 Negosiasikan Biaya Tahunan Anda

Biaya Tahunan adalah biaya yang dibebankan kepada Anda setiap satu tahun penggunaan kartu kredit Anda. Sebelum biaya tahunan ditetapkan, Anda bisa mencoba melakukan negosiasi dengan pihak penyedia kartu kredit. Meskipun tidak semua orang bisa mendapatkan keringanan biaya tahunan, tapi kemungkinan untuk mendapatkannya dapat semakin besar apabila Anda merupakan konsumen yang baik dan tepat waktu.

 

#6 Manfaatkan Bonus yang Anda Dapatkan

Beberapa kartu kredit memberikan Anda poin dan bonus yang dapat Anda dapatkan dari setiap transaksi. Bonus ini dapat berupa cashback atas transaksi yang Anda lakukan, diskon, atau poin yang Anda dapatkan dari setiap transaksi. Perhatikan masa berlaku dan kadaluarsa atas bonus yang Anda dapatkan dan manfaatkan bonus tersebut sebelum kadaluarsa.

 

Selengkapnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s