kepemimpinan

Tiru Gaya Kepemimpinan Napoleon Hill

Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Orang yang disebut pemimpin harus dapat memimpin diri sendiri terlebih dahulu sebelum memimpin orang lain atau sebuah kelompok. Perlu kualifikasi yang mumpuni sebelum disebut sebagai pemimpin yang hebat. Orang yang sudah dikatakan sebagai pemimpin oleh sebagian kelompok, belum tentu dianggap pemimpin oleh sebagian kelompok lain.

Pengaruh yang diberikan oleh pemimpin kepada para pengikutnya dapat menyetir arah dan tujuan dari kelompok tersebut. Pujian akan diberikan kepada pemimpin yang dapat memimpin kelompok ke arah keberhasilan, namun cibiran pun didapat ketika menghadapi kegagalan walaupun kesalahan itu dilakukan oleh anggota kelompoknya yang kurang berpengalaman.

Bagaimana-Pendapat-Anda-tentang-Gaya-Kepemimpinan-Donald-Trump-02-Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Pendapat Anda tentang Gaya Kepemimpinan Donald Trump?]

 

Menurut Napoleon Hill, ada dua jenis orang di dunia ini, pemimpin dan pengikut. Tetapkanlah sejak awal apakah Anda bermaksud menjadi pemimpin di bidang yang Anda pilih atau tetap menjadi pengikut. Menjadi pengikut sama sekali bukan hal yang memalukan. Kebanyakan pemimpin besar memulai kemampuan mereka dari seorang pengikut. Mereka menjadi pemimpin yang besar oleh karena mereka menjadi pengikut yang pintar. Orang yang bisa mengikuti seorang pemimpin secara efisien biasanya adalah orang yang berkembang menjadi pemimpin yang paling cepat. Seorang pengikut yang pintar mempunyai banyak keunggulan di antaranya adalah kesempatan untuk memperoleh pengetahuan dari pemimpinnya.

Berikut ini adalah kesebelas rahasia besar seorang pemimpin yang mempengaruhi faktor keberhasilan dari kepemimpinannya.

 

#1 Keberanian yang Tak Tergoyahkan

Pemimpin yang berani adalah mereka yang berani berhadapan dengan karakter apapun untuk tujuan kebaikan bagi semua kalangan, tanpa memperhatikan usia, kasta, jabatan dan lain sebagainya. Pemimpin yang berani mampu menghasilkan kesejahteraan bagi para pengikutnya. Pemimpin yang tak tergoyahkan disebut juga memiliki ketegasan dan memegang prinsip yang kuat dalam kepemimpinannya

 9-Gaya-Kepemimpinan-Dale-Carnegie-yang-Dapat-Kamu-Terapkan-Sekarang-01-Finansialku

[Baca Juga: 9 Gaya Kepemimpinan Dale Carnegie yang Dapat Kamu Terapkan Sekarang]

 

#2 Pengendalian Pribadi

Orang yang tidak dapat mengendalikan diri tidak akan dapat mengendalikan orang lain. Pengendalian diri memberikan teladan yang baik bagi para pengikutnya, yang akan ditiru oleh pengikut yang lebih pintar.

 

#3 Rasa Keadilan

Tanpa adanya rasa jujur dan adil, tidak ada pemimpin yang akan dapat memerintah dan mempertahankan penghargaan dari para pengikutnya. Pemimpin yang adil sangatlah dicintai oleh para pengikutnya.

 Praktikkan-8-Kiat-Sukses-Menjadi-Karyawan-Teladan-01-Finansialku

[Baca Juga: 13 Kualitas dan Mindset Dibalik Seorang Entrepreneur Sukses]

#4 Keputusan yang Pasti

Keputusan yang pasti menuntut suatu keteguhan hati. Keteguhan hati tidak hanya berkaitan dengan memiliki tekad untuk mencapai sesuatu, tetapi juga melibatkan pengendalian pola pikir dan kebiasaan hidup sehari-hari. Dalam upaya untuk mengendalikan diri, segala perilaku harus dilakukan secara sadar disamping mengatur emosi, serta memiliki kemampuan dalam menahan hawa nafsu dan godaan. Seorang pemimpin yang goyah dalam keputusannya memperlihatkan bahwa dia tidak yakin akan dirinya sendiri dan tidak bisa menjadi memimpin orang lain dengan sukses.

 

#5 Perencanaan yang Pasti

Pemimpin yang sukses seharusnya merencanakan segala sesuatu dan mengerjakan segala rancangannya. Layaknya kapal tanpa kemudi, demikianlah seorang pemimpin yang bertindak tanpa rencana yang pasti dan hanya berdasarkan pada dugaan semata.

 

Selengkapnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s