CV · HRD · Tips

Buat Curriculum Vitae (CV) yang Menarik Agar Dilirik HRD

Seperti yang Anda ketahui, salah satu modal untuk melamar pekerjaan adalah curriculum vitae (CV) atau resume. Sebelum membahas lebih lanjut, kami ingin bertanya:

Misal saat ini Anda adalah seorang HRD yang sedang mencari calon karyawan. Kira-kira curriculum vitae (CV) atau resume seperti apa yang akan Anda perhatikan terlebih dahulu?

Silakan kirim jawaban Anda pada kolom komentar di bawah ini, terima kasih.

Beberapa HRD mengatakan, mereka melihat CV dari isi dan desain. Salah satu hal yang cukup menyebalkan bagi seorang HRD adalah membaca curriculum vitae (CV) atau resume yang panjangnya lebih dari 3 halaman. Banyak HRD mengaku salah satu hal yang paling menyenangkan adalah membaca curriculum vitae (CV) atau resume yang singkat, padat dan jelas (sebisa mungkin 1 halaman).

Tantangannya adalah: Bagaimana cara kita membuat sebuah curriculum vitae (CV) atau resume yang singkat, padat dan jelas (sebisa mungkin 1 halaman). Apakah Anda sekarang merasa ragu untuk membuat sebuah curriculum vitae (CV) atau resume yang memikat para HRD?

Seperti Apa Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Dapat Memikat para HRD?

Berdasarkan hasil riset yang kami lakukan, ada beberapa hal yang menjadi poin pertimbangan sebuah Curriculum Vitae (CV) atau Resume, agar dapat memikat para HRD, antara lain:

#1 Isi Curriculum Vitae (CV) atau Resume Relevan dengan Lowongan Pekerjaan

Idealnya pencari kerja perlu menyesuaikan iklan lowongan pekerjaan dengan curriculum vitae (CV) atau resume yang dimiliki. Misal lowongan pekerjaan sekarang ini adalah programmer untuk website, sedangkan Anda tidak memiliki pengalaman atau background di bidang programming. Tentunya sebagus apa pun curriculum vitae (CV) atau resume mungkin kurang menarik untuk HRD, karena kurang relevan.

Solusinya: Cari iklan lowongan pekerjaan yang relevan dengan Anda. Sekarang ini mencari pekerjaan dapat dilakukan melalui website, silakan cek website-website pencari kerja di Indonesia.

Praktikkan-8-Kiat-Sukses-Menjadi-Karyawan-Teladan-01-Finansialku

[Baca Juga: 8 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia]

Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah buka situs-situs lowongan pekerjaan tersebut, sebisa mungkin gunakan email yang professional.

Contoh email professional (contoh nama : Jaka Sinarya):

  1. Sinarya@gmail.com
  2. Sinarya@ymail.com
  3. Sinarya@hotmail.com
  4. Email@JakaSinarya.com (menggunakan domain pribadi)

Contoh email yang kurang professional

  1. Jaka@gmail.com
  2. Handsome@gmail.com

#2 Isi Curriculum Vitae (CV) atau Resume Harus Jelas, Padat dan Singkat

Pada bagian ini mari kita kenal isi sebuah curriculum vitae (CV) dan resume yang jelas, singkat dan padat. Jika Anda sudah mendownload template curriculum vitae (CV) dan resume di atas, maka Anda akan melihat enam bagian utama, yaitu:

Foto, Nama dan Contact

Bagian pertama dalam sebuah curriculum vitae (CV) dan resume adalah foto, nama, title dan cara menghubungi Anda.

  1. Foto: gunakan foto yang formal (tidak harus pas foto) dengan menggunakan pakaian lengan panjang, jas serta dasi. Tidak ada salahnya Anda berinvestasi pada foto yang bagus, karena Anda dapat menggunakannya foto tersebut untuk curriculum vitae (CV) dan foto profil di website lowongan kerja.
  2. Nama: jangan sampai salah menulis nama dan gelar Anda.
  3. Title: Tulis title yang jelas, misal profesi atau pekerjaan Anda.
  4. Nomor Handphone: Jika Anda memiliki lebih dari satu nomor handphone, Anda tidak perlu menuliskan semua nomor handphone Pilih salah satu nomor yang tampak professional dan pastikan dapat dihubungi. Jangan sampai Anda kehilangan kesempatan interview, karena nomor Anda sulit dihubungi (sering kehilangan sinyal).
  5. Akun SKYPE: sudah memiliki akun SKYPE? Jika belum segera buat, karena beberapa HRD (terlebih perusahaan asing) lebih menyukai interview pertama dengan menggunakan SKYPE Call.
  6. LinkedIn: masukkan nama URL LinkedIn Anda, agar HRD dapat mengecek lebih detil profil Anda dalam LinkedIn. Anda perlu membuat linkedin Anda tampak lebih professional, agar dapat memikat para HRD. Berikut ini tips membuat profil linkedin tampak profesional dan dilirik para pencari kerja.
  7. Email: gunakan alamat email yang professional dan sekali lagi pastikan Anda sering mengecek email (termasuk inbox dan SPAM).
  8. Alamat: beberapa curriculum vitae (CV) dan resume internasional sudah tidak lagi menuliskan alamat lengkap, karena perusahaan tidak lagi menghubungi melalui surat. Anda dapat menuliskan kota, negara (contoh: Jakarta, Indonesia).
  9. Website Pribadi / Blog: apakah Anda sudah memiliki website pribadi atau blog? Di era digital seperti sekarang, setiap orang termasuk Anda harus memiliki website. Buatlah sebuah website yang sederhana untuk curriculum vitae (CV) digital, personal branding dan media untuk menuliskan pendapat Anda.

Poin penting pada bagian pertama adalah: permudah HRD untuk tahu foto, nama dan cara menghubungi Anda

Para-Karyawan-Ini-Cara-Membuat-Alokasi-Aset-dan-Diversifikasi-untuk-Rencana-Pensiun-Anda-Finansialku

[Baca Juga: Beradaptasi di Tempat Kerja Baru agar Disukai Rekan Kerja]

Penjelasan mengenai data pribadi Anda

Bagian kedua adalah pembahasan mengenai data pribadi Anda.

  1. Kepribadian atau Personality : HRD juga akan sangat senang, jika Anda sudah menyertakan kepribadian atau personality. Jika Anda belum tahu mengenai tipe personality MBTI (The Myers & Briggs), silakan cek di : https://www.16personalities.com/. Banyak orang meyakini tipe personality tertentu (misal ESFJ – Extraverted Sensing Feeling Judging) akan lebih cocok untuk pekerjaan tertentu.
  2. Tanggal lahir atau birthday: informasi tanggal lahir Anda, Tanggal/ Bulan/ Tahun.
  3. Hubungan atau relationship: informasi mengenai status perkawinan Anda.
  4. Kebangsaan atau nationality: kebangsaan
  5. Bahasa atau languages: bahasa yang Anda kuasai (tulis yang benar-benar Anda kuasai).

Poin penting pada bagian kedua adalah: beritahu HRD mengenai diri Anda, berikan informasi secukupnya dan jangan pernah bohong.

Konsultasi-Bagaimana-Cara-Mengatur-Keuangan-bagi-Karyawan-Kontrak-atau-Tidak-Tetap-02-Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Efektif untuk Karyawan Sibuk]

 

Penjelasan singkat, mengenai Anda

Bagian ketiga adalah penjelasan singkat (short description) mengenai Anda. Harus diakui salah satu bagian tersulit dalam menulis Curriculum Vitae (CV) atau Resume adalah menulis penjelasan singkat. Berikut ini panduan yang dapat Anda gunakan saat menulis short description:

  1. Siapa Anda (background pendidikan atau pengalaman)
  2. Kelebihan Anda
  3. Apa yang Anda harapkan, misal mendapatkan pekerjaan sebagai manager dan lain sebagainya.

Poin penting pada bagian ketiga adalah: tempat untuk “menjual diri” Anda di mata HRD. Buatlah keterangan yang persuasif dan meyakinkan. Setidaknya isi bagian ketiga ini adalah: Kenapa saya harus merekrut Anda?

hhhh

[Baca Juga: 16 Skill yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Orang Sukses di Abad 21]

Kemampuan yang terkait (relevan)

Bagian keempat adalah kemampuan (skills) relevan yang Anda miliki. Kemampuan ini termasuk soft skill dan/atau hard skill (misal penguasaan software atau aplikasi tertentu)

Jika Anda memiliki 10 kemampuan, jangan tulis semua. Tulis kemampuan-kemampuan yang relevan dengan posisi pekerjaan yang tersedia. Contoh John Doe memiliki kemampuan di bidang melukis dan berdansa. Kemampuan tersebut tidak perlu dimasukan dalam Curriculum Vitae (CV) atau Resume, karena John ingin mendaftar lowongan pekerjaan sebagai manajer pemasaran.

Poin penting pada bagian keempat adalah: yakinkan HRD dengan kemampuan atau skill yang Anda miliki, baik soft skills maupun hard skills.

Punya Uang Rp1,5 Juta, Sebaiknya Diinvestasikan Kemana 02 - Fiansialku

[Baca Juga: 7+ Cara yang Perlu Dilakukan Agar Karier Cemerlang]

Pengalaman kerja

Bagian kelima adalah pengalaman kerja yang Anda miliki.

Jika Anda masih berpikir sering gonta ganti pekerjaan alias kutu loncat, maka Anda perlu memikirkan kembali penulisan di CV. Tentu saja setiap perusahaan lebih menyukai orang yang loyal dengan perusahannya.

Poin penting pada bagian kelima adalah: pastikan Anda memiliki pengalaman di bidang pekerjaan yang sama.

Cara-dan-Strategi-Pembayaran-Pinjaman-untuk-Mahasiswa-01-Finansialku

[Baca Juga: Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

Riwayat pendidikan

Bagian keenam adalah riwayat pendidikan Anda.

Tuliskan mengenai informasi-informasi penting mengenai latar belakang pendidikan Anda, misal nama universitas, fokus pendidikan, informasi GPA (IPK Kumulatif) dan periode pendidikan.

Poin penting pada bagian keenam adalah: Yakinkan kepada HRD bahwa Anda memiliki latar belakang pendidikan yang dapat menunjang pekerjaan Anda.

 

#3 Desain yang menarik, setidaknya tidak membosankan untuk dibaca

Setelah menyusun masing-masing isi, langkah berikutnya adalah mendesain Curriculum Vitae (CV) atau Resume agar tampak berbeda dan menarik dibaca. Kesalahan dalam mendesain Curriculum Vitae (CV) atau Resume:

  • Kesalahan dalam layout, sehingga tampak tidak professional dan tidak seimbang.
  • Kesalahan dalam pemilihan padu padan jenis huruf, warna huruf dan ukuran huruf.
  • Kesalahan dalam penentuan warna, sehingga tidak kontras dan sulit dibaca.

Anda dapat membuat desain curriculum vitae (CV) atau resume dengan menggunakan aplikasi Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe InDesign, Corel Draw, Microsoft Word dan Microsoft Power Point.

 

Miliki Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD

Beberapa hal yang dapat Anda cermati, agar curriculum vitae (cv) atau resume menarik:

  1. Isi harus relevan dengan lowongan pekerjaan.
  2. Isi harus singkat padat dan jelas
  3. Desain menarik

Jika Anda bingung untuk template yang akan digunakan silahkan untuk mendownloadnya disini Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD

 

sumber :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s