karir · perencanaan keuangan · Tips

Blog Jadi Nambah Pemasukan ? Memang Bisa?

Salah satu cara meningkatkan kesejahteraan diri sendiri ataupun keluarga, adalah dengan meningkatkan pendapatan. Ada banyak cara untuk meningkatkan pendapatan, salah satunya adalah dengan bisnis online atau mungkin membuat sebuah blog.

Seorang ahli dibidang managemen karir dan coach bernama Nancy Collamer menjelaskan bahwa blogging (bisnis blog) telah menjadi gaya hidup atau lifestyle yang sangat menguntungkan. Setiap orang bisa memulai blognya dengan modal yang tidak terlalu besar, dapat dikerjakan di rumah sekaligus menyalurkan hobi. Plus keuntungan tambahan yaitu Anda dapat menghasilkan uang dari blog.

Apa hobi atau passion Anda? Silahkan ceritakan hobi Anda di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusi, topik blog yang sesuai dengan hobi Anda.

[Baca Juga : Bekerja sesuai dengan Passion]

 

Jika Anda seorang yang hobi memasak, Anda dapat membuat blog mengenai resep makanan, menjual buku digital tentang resep-resep Anda, membuat review mengenai restoran dan tempat makan yang menarik. Jika Anda seorang yang hobi nonton, Anda dapat membuat blog mengenai review film-film terbaru. Membahas jalan cerita atau makna dibalik film tersebut.

 

Seberapa Besar Penghasilan Blogger?

Nancy pernah melakukan survey seberapa besar penghasilan seorang blogger. Pertanyaan utama yang diajukan adalah apakah Anda bisa hidup dengan menjadi blogger? Ya jawabannya mungkin saja. Menurut survey 2015 Womens Blogging Industry and Business Annual Report, didapatkan hasil:

  • Hanya 6% responden yang memiliki pendapatan lebih dari US$ 60.000 per tahun.
  • Sekitar 11% responden menghasilkan pendapatan lebih dari US$ 30.000 per tahun.
  • Sekitar 68% menghasilkan pendapatan kurang dari US$ 5.000 per tahun.
  • Sisanya menghasilkan pendapatan kurang dari US$ 2.500 per tahun.

 

Jika kita amati beberapa blogger dengan penghasilan yang cukup fantastis. Patt Flynn adalah salah satu orang yang berhasil menghasilkan uang dari blog . Patt berhasil mendapatkan penghasilan mencapai US$ 100.000 adalah PatFlynn (website: http://www.SmartPassiveIncome.com).

 

Full Time Blogger vs Part-Time Blogger

Seperti yang dijelaskan di atas, menjadi blogger adalah salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan. Banyak blogger yang menghasilkan keuntungan dari iklan (advertisement). Agar Anda dapat menghasilkan uang dari blog, Anda memerlukan jumlah pengunjung yang banyak. Jika Anda memiliki blog, Anda harus memikirkan bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda dan meningkatkan jumlahsubscriber blog.

[Baca Juga: Darimana Sumber Pendapatan Anda?]

 

Jika saat ini Anda masih bekerja di perusahaan, jangan tinggalkan sumber pendapatan utama Anda. Mulailah dengan menjadi part-time blogger, karena bisnis blog tidaklah semudah yang dibayangkan. Anda memerlukan waktu untuk membuat blog Anda ramai dikunjungi pembaca. Bisnis blog memerlukan konsistensi yang tinggi, Setidaknya minimal 1 artikel setiap harinya.

 

[Baca Juga: Memulai Bisnis Blog dengan Membuat Model Bisnis]

 

Selain penghasilan dari iklan, bisnis blog juga dapat menghasilkan keuntungan dari produk-produk yang dijual. Misal Anda dapat membangun kredibilitas dan personal brand Anda terhadap suatu bidang. Ada beberapa blogger profesional yang menjual produk-produk digital, seperti e-book, webinar dan podcast tentang topik bahasan mereka. Silahkan Anda cek website Patt Flynn, SmartPassiveIncome.com dan cek darimana saja sumber pemasukan Anda.

 

5 Tips Menghasilkan Uang dari Blog Anda

Tidak ada jalan singkat untuk menjadikan bisnis blog sebagai sumber pendapatan. Berikut ini tips yang disampaikan oleh Nancy Collamer agar Anda dapat menjadi professional blogger:

 

Tips 1: Tulis Blog Sesuai dengan Topik yang Anda Minati

Berdasarkan pengalamannya sebagai blogger dan konsultan, Nancy Collamer menyarankan agar kita mulai membuat blog sesuai dengan topik yang kita minati. Tuntutan terbesar bisnis blog adalah update artikel yang konsisten. Anda harus memperbarui artikel Anda dengan tulisan dan konten terbaru.

[Baca Juga: Memilih Nama untuk Domain Blog dan Bisnis Anda]

 

Seperti penjelasan di atas, jika Anda memiliki kecintaan dengan dunia kuliner, Anda dapat mencurahkan ide-ide unik Anda ke dalam blog. Jika Anda suka dengan dunia fotografi, ulas segala sesuatu mengenai fotografi ke dalam blog Anda. Blog yang bagus menurut Nancy adalah blog yang selalu update dan unik.

 

Tips 2: Tentukan Market atau Pembaca Anda, “Jadilah Dokter Spesialis”

Pemilihan topik blog juga sangat mempengaruhi potensi pendapatan. Dalam bisnis blog, sebisa mungkin jadilah seorang dokter spesialis. Cari topik-topik yang belum pernah di bahas oleh blogger lain, tetapi jumlah peminatnya banyak dan berpotensi menghasilkan keuntungan. Anda dapat melakukan riset kata kunci (keyword research) dengan menggunakan Google Keyword Planner, Google Trend atau aplikasi lainnya.

[Baca Juga: 8 Kesalahan yang Harus Dihindari Pebisnis Online]

 

Tips 3: Tingkatkan Kemampuan Fotografi dan Social Media

Pengunjung juga menyukai blog yang memiliki gambar-gambar bagus. Anda perlu berinvestasi untuk mendapatkan foto-foto dengan kualitas bagus. Anda bisa menggunakan jasa freelance fotografer atau menggunakan smartphone Anda untuk berburu foto. Selain itu, Anda juga perlu memanfaatkan social media untuk menyebarkan tulisan-tulisan di blog Anda.

 

Tips 4: Bangun Relasi dengan Blogger Lainnya

Blogger itu seperti manusia, perlu membangun relasi dengan blogger lainnya. Dalam dunia teknisnya, Anda perlu membangun hubungan dengan website-website sejenis, misal menjadi penulis tamu (guest writer), mendatangi acara-acara yang diadakan oleh blogger lain, ikut menjawab komen atau diskusi di forum dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Ide Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga]

 

Tips 5: Update dengan Training Terbaru

Dunia teknologi bergerak sangat cepat, dalam waktu kurang dari 5 tahun sudah banyak sekali media social baru, seperti Instagram, Pinterest, SnapChat dan lain sebagainya. Belum lagi update mengenai cara mengoptimalkan website dan blog agar lebih mudah dikenali oleh mesin pencari Google. Anda perlu berinvestasi dengan pelatihan-pelatihan terkait dengan teknologi terbaru di internet marketing, copywriting dan blog.

 

Jadi Anda Mau Menghasilkan Uang dari Blog?

Semoga Anda mendapat banyak gambaran, mengenai bisnis blog. Harus diakui bisnis blog bukanlah pekerjaan yang mudah dan membutuhkan konsisten. Bisnis blog juga menawarkan potensi pendapatan yang cukup oke lho dan bisnis ini bisa dijadikan bisnis untuk hari tua nanti. Jika Anda bingung memilih topik blog, Anda dapat memulai dengan mempertimbangkan pekerjaan harian Anda atau hobi yang Anda tekuni.

 

Sumber :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s