bisnis

Mau Sukses Bikin Bisnis Startup, Yuk Liat Caranya

Pondasi Membangun Startup

Budaya perusahaan adalah hal yang penting untuk membangun perusahaan yang besar dimana karyawannya bahagia dalam bekerja dan merasa bahwa mereka memang benar-benar terlibat pada perkembangan perusahaan. Tidak sedikit perusahaan yang masih menganggap bahwa membangun budaya perusahaan itu hanya membuang-buang uang dan tidak ada ROI-nya (Return on Investment) secara langsung, seharusnya mereka berpikir dalam arah yang sebaliknya, yaitu berapa banyak uang yang akan mereka keluarkan jika mereka tidak membangun budaya perusahaan sedini mungkin? Karena ada banyak hal yang tidak diinginkan terjadi jika Anda tidak membangun budaya perusahaan.

Panduan-Cara-Membuat-Blog-Gratis-untuk-Pemula-02-Finansialku

[Baca Juga: Wajib Diketahui Sebelum Anda Berinvestasi Reksa Dana]

 

Banyak motivator yang mungkin mengajak Anda untuk segera membuka usaha atau memulai berwirausaha agar cepat mendapatkan kekayaan. Namun, salah satu pertanyaannya adalah bagaimana cara memulainya? Apabila kita ingin sukses dan menang dalam sebuah persaingan, maka kita perlu menggunakan kemajuan teknologi di dalamnya dan membuat bisnis startup adalah jawabannya.

Berikut ini beberapa rahasia membangun usaha startup yang dapat menambah pengetahuan dan mengembangkan sayap bisnis Anda.

gold-investment-1-300x199

[Baca Juga: Cara Investasi Emas Batangan dengan Berkebun Emas, Apakah Menguntungkan atau Tidak?]

 

#1 Niat & Tujuan yang Jelas

Tanpa adanya niat dan kemauan, maka segala sesuatu pasti akan mustahil. Apabila ada niat, pasti akan ada jalan. Dalam memulai suatu usaha startup, Anda perlu niat untuk dapat memulainya terutama ketika menghadapi segala tantangan yang terjadi dalam proses perkembangan bisnis tersebut. Tujuan yang jelas pun mempengaruhi perkembangan usaha startup yang sedang Anda bangun. Tujuan tersebut jangan hanya sebatas mendapatkan uang berlimpah dan kekayaan, walaupun sebenarnya memang hal-hal tersebut akan menjadi hasil yang akan didapatkan. Tetapkan tujuan yang lebih dari hanya sekedar menambah kekayaan. Tujuan tersebut akan menjadi target Anda dalam menerjang segala rintangan dan mengarahkan Anda dari nol hingga pada tahap kesuksesan demi kesuksesan.

[Baca Juga: Apakah Anda Ingin Membeli Asuransi Investasi Terbaik? Pikirkan Lagi 3 Hal Ini!]

#2 Ide & Perencanaan Bisnis

Salah satu cara untuk mendapatkan ide bisnis adalah dengan memikirkan masalah yang banyak dialami oleh orang lain. Solusi atas permasalahan tersebut akan menjadi sebuah ide yang baik dalam menjalankan usaha bisnis Anda. namun demikian, ide tersebut harus sejalan dengan passion Anda. Setelah ide dari bisnis Anda sudah jelas, maka Anda perlu menjabarkan setiap ide tersebut ke dalam sebuah perencanaan yang terdiri dari beberapa tahap yang dikerjakan selama beberapa waktu ke depan. Usahakan untuk mengerjakan daftar rencana tersebut sesuai waktu yang telah ditetapkan. Buatlah sebuah konsep yang sederhana dan coba memikirkan apa saja yang diperlukan. Strategi yang sederhana yang akan dilakukan pada target pasar yang tepat hasilnya akan jauh lebih baik dalam membuat startup bisnis yang sukses.

 

#3 Bangun Tim yang Solid & Tetapkan Budaya Perusahaan

Bersama-sama akan lebih mudah daripada sendirian. Demikianlah dalam usaha membangun sebuah bisnis yang sukses. Namun demikian tidak perlu banyak orang dalam membangun sebuah bisnis startup. Anda dapat memulai bisnis dengan 2 orang yang memiliki passion yang sama. Partner bisnis pun harus siap dengan sumber modal yang diperlukan. Apabila bisnis Anda memerlukan beberapa pekerja untuk meningkatkan kinerja dan hasil usaha bisnis Anda, meng-hire pekerja juga disarankan. Meng-hire orang yang tepat adalah hal yang penting dalam menyempurnakan budaya perusahaan. Hire orang-orang yang cekatan, memiliki keingintahuan dan tidak takut untuk gagal.

Jalankan-6-Cara-Mengembangkan-Usaha-Sampingan-Anda-Perencana-Keuangan-Independen-Finansialku

[Baca Juga: Ingin Sukses Berbisnis dan Sukses Berinvestasi? Ini Salah Satu Kuncinya]

 

Bangun komunikasi yang positif dalam perusahaan startup Anda walaupun masih dalam skala yang kecil dengan jumlah pekerja yang sedikit. Dengan tim yang solid melalui komunikasi yang terjalin dengan baik, maka setiap keberhasilan yang ditargetkan dari perusahaan startup Anda akan dapat tercapai dengan baik pula.

 

#4 Lakukan Tes Pasar

Ketika membangn bisnis startup, lakukanlah tes pasar karena ini adalah hal yang penting untuk mengetahui sejauh mana produk/jasa yang akan dijual tersebut diperlukan oleh para konsumen. Lakukan riset baik menggunakan data yang ada di internet maupun survei langsung ke lapangan.

 

#5 Gunakan Fasilitas Online

Saat ini, semakin banyak pengguna internet, oleh sebab itu Anda dapat memanfaatkannya sehingga usaha bisnis startup Anda mampu dipasarkan secara online. Melalui internet, bisnis Anda dapat dikenal di seluruh Indonesia bahkan memungkinkan untuk go international. Gunakan setiap fasilitas internet dan media sosial dalam mengembangkan bisnis startup Anda.

 

#6 Konsisten

Setiap persiapan yang matang dan progress yang baik akan meningkatkan rasa percaya diri. Apabila usaha bisnis startup Anda tidak menghasilkan sesuatu dalam waktu 6 bulan, Anda perlu menganalisis dan mengevaluasinya serta menentukan apakah akan dilanjutkan atau tidak. Namun apabila dalam 6 bulan terjadi sebaliknya, yaitu keberhasilan dan progress, lanjutkan dengan konsisten.

Mama-Sudah-Daftar-Reksadana-Online-Lho-Perencana-Keuangan-Independen-Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Menjadikan Investasi yang Menguntungkan Sebagai Sebuah Kebiasaan]

 

Ingat Beberapa Hal di Bawah ini!

Beberapa hal yang perlu diingat. Membangun startup berbeda dengan menjalankan bisnis yang sudah mapan. Berikut beberapa hal yang perlu diingat:

  • Be passionate (berminat)
  • Be flexible (fleksibel)
  • Be patient (bersabar)
  • Sadar keterbatasan diri
  • Hargai pelanggan

 

sumber :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s