bisnis · pensiun · perencanaan keuangan · Tips

Wanita Karir Ini Nih Cara Buat Mempersiapkan Dana Pensiun

Bagi orang Indonesia pada umumnya, paradigma wanita tidak perlu bekerja masih relatif kental. Padahal nyatanya di zaman modern ini sepasang suami istri yang sama-sama bekerja sudah menjadi sebuah kebutuhan karena semakin meningkatnya harga-harga kebutuhan hidup. Jika keluarga hanya mengandalkan satu sumber penghasilan saja maka cukup sulit untuk memenuhi segala kebutuhan keluarga.

Bagi para wanita yang bekerja, tentu suatu hari nanti Anda akan pensiun. Karena itu persiapan dana pensiun bukan hanya harus dipertimbangkan untuk para pria, tetapi juga wanita-wanita karir seperti Anda.

Punya-Asuransi-Jiwa-Kurang-Bermanfaat-Kalau-Proteksinya-Kekecilan-Begini-Cara-Menghitung-Uang-Pertanggungan-01-Finansialku

[Baca juga : Punya Asuransi Jiwa Kurang Bermanfaat Kalau Proteksinya Kekecilan, Begini Cara Menghitung Uang Pertanggungan]

Sudah Siapkah Anda Berhenti Mendapatkan Gaji?

Bagi para wanita yang saat ini menjadi karyawan di sebuah perusahaan, Anda mungkin sudah terbiasa dengan penghasilan yang didapatkan setiap bulan. Menjalani kehidupan sehari-hari bersama keluarga bukanlah hal yang begitu sulit karena Anda memiliki dua sumber penghasilan yaitu dari diri sendiri serta dari suami. Tetapi sudahkah terpikir bahwa nantinya Anda juga akan pensiun? Tentu Anda tidak bisa bekerja selamanya. Paling tidak pada usia 56 tahun Anda sudah pensiun dan tidak memiliki penghasilan aktif lagi.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan masa pensiun:

 

#1 Jangan Lupa Waktu

Bagi sebagian orang merintis karier adalah sebuah hal yang sangat diprioritaskan. Bahkan tidak jarang ada wanita yang begitu ambisius mengejar kariernya karena ingin menjadi yang terbaik di bidangnya. Hal ini memang tidak salah, bahkan baik adanya jika Anda tahu porsi yang tepat untuk mengejar karier. Mengapa? Membangun karier butuh waktu yang tidak sedikit, paling tidak Anda harus menghabiskan belasan tahun untuk mencapai jabatan tertentu yang diidamkan. Bagi kaum pria mungkin waktu ini tidak akan terlalu terasa karena masih bisa bersantai ketika sudah pulang dari kantor. Berbeda halnya dengan para wanita. Sekalipun sudah pulang dari kantor, Anda masih harus mengurus suami dan anak-anak. Kebanyakan wanita karier bahkan hampir tidak mempunyai waktu untuk dirinya sendiri.

Punya Uang Rp1,5 Juta, Sebaiknya Diinvestasikan Kemana 02 - Fiansialku

[Baca juga :10 Pertanyaan yang Sering Diajukan saat Pelatihan Keuangan untuk Keluarga dan Individu ]

Karena itu waktu terasa berjalan begitu cepat, bahkan tidak terasa Anda bisa melupakan bahwa usia pensiun sudah tidak jauh lagi. Karena itu Anda harus mengingat bahwa ketika menjadi seorang istri yang bekerja, waktu akan terasa begitu cepat. Bagi Anda yang saat ini masih berusia sekitar 25 hingga 35 tahun mungkin saat ini pensiun masih belasan atau puluhan tahun lagi. Tetapi waktu tersebut tidak akan terasa lama jika dihabiskan untuk melakukan semua kegiatan wanita karier. Karena itu Anda tidak boleh melupakan persiapan pensiun sejak dini. Sediakanlah waktu untuk mempersiapkan masa pensiun saat ini juga, jangan sampai waktu berlalu begitu saja dan akhirnya Anda sudah terlambat untuk mempersiapkan pensiun.

 

#2 Perhitungkan Dana Pensiun Pribadi

Setiap orang memiliki kebutuhan dana pensiun yang berbeda-beda. Dana pensiun tersebut diperhitungkan dari pengeluaran Anda saat ini. Dana pensiun yang dipersiapkan nantinya harus dapat menutupi kebutuhan sehari-hari Anda selama pensiun hingga ekspektasi kehidupan. Dengan asumsi nilai pengeluaran Anda pada masa pensiun hanya sekitar 80% dari pengeluaran saat ini. Angka 80% diambil dengan asumsi utang-utang sudah dilunasi sehingga pengeluaran Anda bisa berkurang. Tetapi jangan senang dulu dengan angka pengeluaran yang lebih kecil tersebut.

Bagaimana Menghilangkan Keraguan Diri Sendiri Ketika Mencoba Sesuatu yang Baru 01 - Finansialku

[Baca juga : Mengubah Sebuah Keinginan Menjadi Sebuah Tindakan Nyata untuk Kesuksesan]

Anda harus ingat bahwa setiap tahunnya terjadi inflasi. Lama-kelamaan harga kebutuhan sehari-hari akan semakin mahal. Karena itu dana pensiun yang dibutuhkan akan terlihat sangat besar. Inilah alasan mengapa Anda harus mempersiapkannya sejak dini. Jika terlambat 1 tahun saja, angka yang harus Anda investasikan akan berubah cukup signifikan. Semakin Anda terlambat mempersiapkan dana pensiun, maka semakin besar dana yang harus disimpan setiap bulannya.

 

#3 Bicarakan Dana Pensiun dengan Suami

Setelah pensiun nanti Anda dan suami pasti akan memiliki rencana. Misalnya saja tidak jarang ada pasangan suami istri yang sudah pensiun memilih untuk pindah dari rumah yang berada di tengah kota ke rumah di pinggiran kota dengan harapan mendapatkan suasana yang lebih tenang untuk menikmati masa tua. Rencana seperti ini harus dipikirkan bersama. Dengan begitu Anda dapat menentukan berapa kontribusi dana yang harus Anda persiapkan serta berapa yang harus disiapkan oleh suami.

Berinvestasi-Memang-Berisiko-Tapi-Tidak-Berinvestasi-Jauh-Lebih-Berisiko-2-Finansialku

[Baca juga : Inilah 10 Cara untuk Meminimasi Kerugian dalam Berinvestasi Saham ]

Selain itu Anda juga harus mengetahui berapa besarnya dana pensiun yang dibutuhkan suami serta kapan ia akan pensiun. Biasanya suami istri memiliki perbedaan umur, artinya peluang perbedaan tahun pensiun pun cukup besar. Dengan koordinasi dan perencanaan yang baik, Anda dan suami dapat saling melengkapi dalam memenuhi kebutuhan keluarga ketika salah satu sudah pensiun terlebih dahulu.

 

Sumber :

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s