bisnis · perencanaan keuangan

Mau Mulai Berbisnis ? Perhatikan Mitos Ini !

Memulai sebuah bisnis atau wirausaha mungkin Anda berpikir semua orang pasti bisa melakukannya. Namun sepertinya masih banyak orang ragu untuk memulai bisnis, karena ketidakmengertian akan tantangan yang akan dihadapi selanjutnya. Terkadang orang-orang juga takut akan mitos-mitos yang tidak mendasar sehingga enggan untuk memulai suatu bisnis pribadi. Berikut beberapa mitos umum yang timbul ketika ingin memulai suatu bisnis pribadi.

Ingin Menjadi Seorang Trader Saham yang Sukses Ini Kuncinya! 01 - Finansialku

[Baca juga : Punya Uang Rp1,5 Juta, Sebaiknya Diinvestasikan Kemana?]

#1. Anda Tidak Memiliki Atasan / Bos

Alasan terbesar orang-orang ingin memulai bisnis adalah mereka tidak memiliki atasan / bos, dan mereka sendiri yang akan menjadi bos didalam bisnis mereka. Namun sebenarnya walaupun Anda pemilik atau atasan atau bos dari bisnis tersebut, Anda tetap memiliki “Bos”, siapakah mereka antara lain adalah pelanggan Anda, para investor dan karyawan Anda yang sebenarnya adalah bos/ atasan Anda. Ternyata faktanya banyak orang yang menjadi atasan Anda.

#2. Bekerja Lebih Santai

Banyak orang berpikir bahwa dengan memilki bisnis sendiri Anda akan memilki banyak waktu luang untuk bermain atau hanya sekedar bersantai dirumah. Tetapi faktanya Anda akan menghabiskan waktu dengan bisnis Anda

Fokus pada Proses, Jangan Hanya Fokus pada Hasil Saja 02 - Finansialku

[Baca juga : Fokus pada Proses, Jangan Hanya Fokus pada Hasil Saja ]

#3, Anda memilki anak buah sendiri

Pada kenyataannya, kebanyakan wirausahawan yang baru memulai bisnis akan mengurus dan melakukan setiap bagian pekerjaan, baik sesuatu yang berskala besar maupun urusan yang sepele agar bisnis tersebut dapat terus berjalan, termasuk melakukan urusan/pekerjaan yang pada umumnya orang tidak mau lakukan.

#4. Perlu Usaha Keras

Mitos dunia kewirausahaan pada umumnya memberikan “iming-iming” bahwa Anda akan menciptakan sesuatu yang luar biasa yang akan dijual dan Anda hanya tinggal duduk untuk melihat hasil penjualan. Namun pada kenyataannya, Anda perlu menghasilkan produk pada waktu yang tepat, dengan harga yang tepat dan juga pada tempat pemasaran yang tepat. Hal ini membuat Anda dapat melihat hasil penjualannya. Walaupun Anda memiliki suatu ide produk yang luar biasa, hal itu membutuhkan suatu kerja ekstra dan sumber daya untuk memproduksi ide produk Anda dan membawanya ke tempat pemasaran.

Punya Uang Rp1,5 Juta, Sebaiknya Diinvestasikan Kemana 02 - Fiansialku

[Baca juga : Gaji UMR Ingin Membeli Ponsel Terbaru, Apakah Bisa? ]

#5 Perlu Kecermatan dalam Mengontrol Pendapatan

Sebagai seorang wirausahawan, sepertinya seseorang tidak mampu mengontrol dan mengatur arus pendapatan. Mereka bekerja keras setiap waktu untuk menghasilkan pendapatan bagi setiap bisnisnya. Terkadang seseorang mendapatkan banyak sekali pendapatan, namun tidak jarang juga mereka tidak mendapatkan apa-apa atau merugi, walaupun usaha keras yang dilakukannya. Sesungguhnya tergantung pada keputusan pelanggan yang berubah-ubah dan ketidakpastian keadaan ekonomi yang diluar kontrol/kendali. Pendapatan dari para pebisnis/wirausahawan kecil-kecilan sering kali berubah-ubah/tidak pasti.

 

Semoga artikel diatas bermanfaat 🙂

 

Sumber :

 Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis – Finansialku

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s