bisnis · bisnis online · perencanaan keuangan · Tips

Cara Mengatur Keuangan Pembisnis Online

Apakah Anda salah satu pebisnis online?  Sudahkah Anda mengatur keuangan Anda dengan benar ? Bisnis online dapat memberikan keuntungan yang besar. Tetapi keuntungan tersebut tidak akan bisa dimanfaatkan dengan optimal jika keuangan berantakan.

images-12

Anda memang bisa mendapatkan penghasilan besar hanya dengan mengperasikan komputer ataupun gadget Anda. Jika bisnis berjalan lancar, uang terus menerus masuk ke rekening Anda. Tetapi penghasilan besar tersebut tidak akan bisa dinikmati jika Anda tidak mengatur keuangan dengan baik.mungkin bukan hanya seorang pembisnis saja yang merasakan hal tersebut seorang karyawan pun bisa merasakan hal itu jika salah dalam mengatur keuangan.

Tetapi hal ini akan lebih buruk jika terjadi pada pebisnis online. Mengapa? Anda mempunyai peluang mendapatkan uang setiap hari. Jika uang tersebut tidak dikelola dengan baik, Anda akan terus menggunakannya secara sembarangan. Seolah-olah uang yang digunakan hanya sedikit, tetapi sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit juga. Apalagi umumnya Anda menerima pembayaran melalui sistem transfer. Kemungkinan besar Anda sangat terbiasa dengan transaksi tanpa uang tunai, dengan begitu Anda pun akan sering berbelanja dengan sistem transfer atau gesek kartu di toko.

Jika terus menerus menggunakan uang dengan tidak bijaksana, penghasilan sebesar apapun akan seolah-olah lenyap begitu saja. Akhirnya tidak ada uang yang dapat disimpan dan diinvestasikan. Anda mungkin dapat ‘menikmati’ penghasilan tersebut saat ini dengan menghambur-hamburkannya. Tetapi dalam jangka panjang Anda sebenarnya tidak memiliki aset apapun.

tutorial-bisnis-online-1

Agar penghasilan bisnis online Anda tidak menghilang tanpa jejak, Anda perlu mengelola keuangan dengan baik. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengelola keuangan bagi pebisnis online:

Membuat Anggaran Mingguan, Bulanan dan Tahunan

Pertama – tama Anda harus membuat anggaran mingguan, bulanan dan tahunan. Anggaran ini sangat diperlukan karena anda tidak memiliki penghasilan yang pasti. Coba memprediksikan penghasilan Anda per minggu sehingga Anda dapat memproyeksikan penghasilan bulanan dan tahunan. Anggaran akan berfungsi sebagai alat pengendali pengeluaran. Anda harus mengetahui berapa angka yang sewajarnya dapat dihabiskan setiap minggu sehingga keuangan tetap terkendali.

Memisahkan Uang Berdasarkan Keperluan

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis online yang mengelola sendiri keuangannya, penting untuk memisahkan pos-pos keuangan Anda. Penghasilan dan pengeluaran bisnis tidak seharusnya digabungkan dengan keuangan pribadi. Jika Anda memilih untuk menggunakan rekening bank, pisahkanlah rekening bank perusahaan dengan rekening bank pribadi Anda.

Menjadwalkan Pembayan Rutin

Anda adalah seorang pebisnis yang mendapatkan pemasukan setiap hari. Berbeda halnya dengan karyawan yang menerima gaji di tanggal yang telah ditetapkan setiap bulan. Umumnya karyawan secara otomatis akan melakukan pembayaran rutin setiap menerima gaji. Karena tidak memiliki penghasilan pada tanggal tertentu, Anda harus membuat jadwal pembayaran sendiri. Tetapkanlah tanggal yang tepat untuk membayar seluruh pembayaran rutin Anda.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat, jangan sungkan untu bertanya dan berkomentar di kolom komentar 🙂

selengkapnya :

Hai Pemilik Bisnis Online, Begini Cara Mengatur Keuangan Anda Agar Tidak Berantakan – Finansialku

Advertisements

One thought on “Cara Mengatur Keuangan Pembisnis Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s