Kartu kredit · liburan · Tips

Liburan Pake Kartu Kredit ?

Apakah Anda salah satu pengguna kartu kredit jiga sedang berlibur ? Liburan merupakan sarana untuk melepaskan penat yang menumpuk selama weekday, tapi jika liburan menggunakan kartu kredit apakah memberikan keuntungan atau justru merugikan ?

Kelebihan Menggunakan Kartu Kredit

Saat ini kartu kredit sudah beragam memiliki keuntungan yang berbeda-beda tentunya, nah keuntungan tersebt terkadang bisa membantu Anda ketika sedang berliburan. Berikut ini adalah kelebihan menggunkan kartu kredit.

#1.Selalu Ada Uang Cadangan 

Kelebihan yang paling fundamental dari menggunakan kartu kredit adalah uang cadangan. Anda tidak perlu merasa khawatir jika tidak membawa uang cash yang memadai. Cukup gesekkan kartu kredit Anda dan semua tagihan terbayar. Cadangan ini sangat penting ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berlibur.

#2. Promosi

Setiap kartu kredit selalu menawarkan promosi-promosi yang menguntungkan, bisa digunakan ketika liburan misalnya mendapatkan potongan harga saat membeli tiket pesawat jika menggunakan kartu tertentu. Bukankah itu satu keuntungan bagi Anda, bahkan banyak promosi yanng berlaku di tempat makan atau tempat liburan. Jika Anda menggunakan promosi tersebut secara tidak langsung dapat mengurang pengeluaran liburan Anda

traveller-harus-tahu-kartu-kredit-yang-cocok-untuk-traveling-perencana-keuangan-independen-finansialku

#3. Kemudahaan Booking Online

Saat ini kebanyakan orang menggunakan fasilitas online untuk melakukan perjalanan liburan seperti Traveloka, Pegipegi.com, dll. Ada beberapa pilihan pembayaran yang dapat digunakan untuk membayar pembelian di website-website tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan kartu kredit. Membayar dengan kartu kredit sangatlah praktis. Anda hanya perlu memasukkan nomor kartu kredit Anda serta kode verifikasi tertentu. Prosesnya pun sangat cepat sehingga tidak menghabiskan waktu Anda.

#4. Fasilitas Cicilan 

Tidak perlu khawatir jika Anda belum mempunyai cukup uang untuk membeli tiket pesawat. Saat ini beberapa maskapai pesawat telah bekerja sama dengan penyedia kartu kredit untuk menyediakan cicilan pembayaran tiket pesawat. Dengan fasilitas tersebut akan lebih mudah bagi Anda untuk melunasi biaya berlibur.

Kekurangan Menggunakan Kartu Kredit 

Memakai kartu kredit juga tidak selamanya memiliki kelebihan pasti ada kekurangannya, lalu apa saja kekurangan menggunakan kartu kredit ketika berlibur, berikut adalah kekurangannya.

#1. Kartu Kredit adalah hutang 

Ingat, walaupun kartu kredit banyak membantu Anda, tapi kartu kredit adalah hutang, jika Anda dapat bersantai menggesekkan kartu kredit saat berlibur, jangan lupa bahwa setelah pulang Anda harus membayar semua tagihannya. Sebenarnya kunci keamanan dalam menggunakan kartu kredit adalah hutang tidak boleh melebihi aset Anda. Tetapi pada kenyataannya kebanyakan orang yang sedang berlibur akan terbawa euforia liburan sehingga menghambur-hamburkan uang tanpa menyadari batasannya. Akibatnya setelah pulang kebingungan mencari cara untuk menutupi semua hutang kartu kredit tersebut. Bukannya refresh setelah berlibur tetapi malah sebaliknya .

#2 Pengaturan Keuangan menjadi Kacau

Anda tentu akan membuat perencanaan keuangan sebelum pergi berlibur. Tetapi karena euforia berlibur serta rasa aman dengan adanya ‘uang cadangan’ berbentuk kartu kredit, rencana itu bisa berantakan. Ada kemungkinan besar Anda akan melanggar perencanaan keuangan yang sudah Anda buat matang-matang sebelum berlibur.

liburan-pake-kartu-kredit

#3 Keamanan Transaksi

Kartu kredit dapat digunakan siapa saja, dalam artian bukan hanya pemilik kartu yang bisa menggunakannya. Jika kartu tersebut hilang maka bencana besar bisa menimpa Anda. Siapa saja bisa menggunakan kartu tersebut dengan memalsukan tanda tangan Anda atau mencari tahu pin rahasia kartu tersebut. Risiko keamanan ini pun berlaku dalam penggunaan kartu kredit untuk pembayaran online. Jika sistem kacau atau kartu kredit Anda dibobol orang yang tidak bertanggung jawab, tagihan Anda akan kacau balau.

#4 Konsumtif

Tanpa disadari banyak pengeluaran tidak terduga yang Anda buat saat liburan karena memiliki kartu kredit. Pengeluaran itu biasanya adalah pengeluaran yang konsumtif. Sebenarnya hal-hal itu tidak terlalu dibutuhkan, tetapi karena euforia liburan dan merasa ‘aman’, Anda bisa menjadi sangat konsumtif.

 

sumber :

Liburan dengan Kartu Kredit, Lebih Menguntungkan atau Merugikan ?– Finansialku.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s