bisnis · bisnis online · Tips · Uncategorized

Tips Memulai Bisnis Online

Apakah Anda tertarik dengan bisnis online? berikut ini adalah tips memulai bisnis online yang bisa Anda praktekan.

Menurut Allen Moon (seorang pakar di bidang internet marketing) mengungkapkan tujuh tahapan yang dapat membantu Anda memulai bisnis online. Beliau mengatakan sudah banyak orang yang sukses memulai bisnis online dengan tujuh tahapan berikut ini. Nah kira-kira apa saja tahapan yang harus dilalui untuk memulai bisnis online.

 

Step 1 : Temukan dan Penuhi Kebutuhan 

Menurut Allen Moon langkah awal yang harus dilakukan ada mencari pasar, cari apa yang dibutuhkan dipasar dan kita jual solusinya. Apa maksudnya? Apakah kita perlu riset pasar? Hmmm… riset pasar biasanya mahal, ribet dan repot. Ga jadi bisnis donk kalau begitu.

Nah jangan pesimistis dan jangan pernah menjadi entrepreneur yang manja. Anda dapat mulai melakukan riset dengan cara:

  1. Kunjungi forum-forum online, dan temukan pertanyaan-pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh orang-orang. Setelah itu cari tahu, apa sih permasalahan yang sebenarnya mereka hadapi.
  2. Cara kedua adalah lakukan riset kata kunci (keyword research). Anda dapat menggunakan Google Keyword Planner, Google Trend atau alat lainnya untuk melakukan riset kata kunci.
  3. Kunjungi website pesaing dan pelajari apa yang ditawarkan oleh kompetitior dan cari tahu layanan yang ditawarkan oleh kompetitor. Jika Anda tidak dapat membuat produk baru, setidaknya Anda dapat menawarkan produk yang lebih baik daripada yang ditawarkan kompetitor.

 

Step 2 : Buatlah Kata-Kata Penawaran Yang Menjual

Sebagai pakar di bidang internet marketing, Allen Moor memiliki rumusan tersendiri untuk membuat kata-kata penawaran yang menjual. Nah berikut ini formulanya:

  1. Ciptakan ketertarikan dengan membuat Judul yang Menarik dan Mengundang.
  2. Deskripsikan solusi yang ditawarkan oleh produk Anda.
  3. Bangun kredibilitas Anda sebagai pakar dan problem solver.
  4. Berikan testimoni orang-orang yang telah mencoba produk Anda.
  5. Bicarakan manfaat yang didapat pengguna, bukan fitur produknya.
  6. Buat penawaran yang menarik.
  7. Berikan garansi pengembalian uang atau garansi produk.
  8. Ciptakan suasana yang urgent atau harus segera diselesaikan.
  9. Jangan lupa, minta pengunjung untuk membeli layanan Anda.

 

Step 3 : Membuat Website Sendiri

Setelah Anda mengetahui pasar dan produk, serta Anda sudah menyiapkan kata-kata ampuh untuk berjualan, sekarnag saatnya Anda memikirkan website. Anda dapat menyewa jasa website developer atau website designer untuk membuat website Anda. Jangan pernah berpikir membuat website yang sempurna atau perfect web design, karena website tidak akan pernah sempurna. Buatlah website yang sederhana, menarik, mudah dimengerti, alur yang mudah.

 

Step 4 : Gunakan Mesin Pencari untuk Mendatangkan Pengunjung 

Allen Moon menyarankan untuk website-website baru, sebaiknya gunakan iklan atau pay-per-click advertising (contoh Google Adwords dan Facebook Ads) untuk mendatangkan pengunjung ke website. Penggunaan iklan ini memiliki dua keuntungan utama yaitu website Anda akan langsung tampil di mesin pencari Google dan Anda dapat menguji kata kunci (focus keyword). Setelah Anda mengetahui kata kunci yang sesuai, Anda dapat menggunakan kata tersebut untuk halaman-halaman website Anda.

Step 5 : Bangun Reputasi yang Baik 

Berikut ini saran-saran dari Allen Moon:

  1. Berikan konten gratis, seperti artikel, video atau informasi berguna lainnya. Distribusikan konten – konten tersebut melalui social media dan direktori artikel.
  2. Minta ke website developer Anda untuk memberikan fitur berbagi atau kirimkan kepada teman (sharing lewat email atau social media) pada blog Anda.
  3. Bangun reputasi baik dan jadinya ahli di industri Anda. Caranya Anda harus aktif di forum dan media sosial.

Step 6 : Menggunakan E-mail Marketing

Seperti yang dijelaskan pada step 3, salah satu komponen website adalah form atau opt-in list. Nah setelah Anda mendapatkan alamat email, pengunjung website Anda, maka saatnya Anda mengirimkan e-mail kepada mereka.

Beberapa keuntungan pemasaran menggunakan email (email marketing) adalah:

  1. Anda sudah mendapatkan izin dari mereka.
  2. Anda dapat membangun relaasi dengan mereka.
  3. Dapat terukur.
  4. Pemasaran dengan email jauh lebih murah dan efektif dibandingkan dengan beriklan di TV, radio atau mengirimkan surat penawaran.

 

Step 7 : Jangan Lupa Up-Selling 

Berdasarkan pengalaman Allen Moon strategi utama pemasaran dengan internet adalah membangun hubungan jangka panjang dengan pembeli (customer’s lifetime value). Jika Anda melakukan follow up, setidaknya 36% pembeli akan melakukan pembelian ulang.

 

Sumber :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s