Asuransi · BPJS · BPJS Kesehatan · perencanaan keuangan

Sudah Tahu Tentang Layanan BPJS Kesehatan ?

BPJS Kesehatan berbeda dengan BPJS Ketenagakerjaan, walaupun sama-sama bernama BPJS namuan kedua asuransi tersebut berbeda perusahaan dan layanannya. Lalu apa saja layanan BPJS Kesehatan ?

BPJS kesehatan adalah Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang diberi tugas untuk melakukan perawatan kesehatan bagi semua warga Negara Indonesia tanpa terkecuali. Masyarakat dengan semua profesi, dari mulai pensiunan, karyawan, pengusaha, pekerja mandiri semuanya berhak untuk mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan dari BPJS kesehatan.

Iuran BPJS Kesehatan dibagi ke dalam beberapa kelas, sesuai dengan besaran uang pertanggungan dan premi yang dibayarkan. Untuk kelas satu, masyarakat diwajibkan untuk membayar sebesar 80.000 per bulannya. Sedangkan untuk kelas dua, iuran BPJS kesehatan yang baru adalah 51.000. Untuk kelas tiga, yang memang ditujukan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah, iuran yang harus dibayarkan tidak mengalami kenaikan harga. Harga yang dipatok untuk kelas tiga tetap sama, yaitu 25.500 per bulannya.

Syarat-syarat untuk mendaftar BPJS Kesehatan adalah:

  1. Pengguna Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan harus memiliki usia yang cukup secara hukum untuk melaksanakan kewajiban hukum yang mengikat dari setiap kewajiban apapun yang mungkin terjadi akibat penggunaan Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan.
  2. Mengisi dan memberikan data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan,
  3. Mendaftarkan diri dan anggota keluarganya menjadi peserta BPJS Kesehatan.
  4. Membayar iuran setiap bulan selambat-lambatnya tanggal 10 (sepuluh) setiap bulan.
  5. Melaporkan perubahan status data peserta dan anggota keluarga, perubahan yang dimaksud adalah perubahan fasilitas kesehatan, susunan keluarga/jumlah peserta, dan anggota keluarga tambahan.
  6. Menjaga identitas peserta (Kartu BPJS Kesehatan atau e ID) agar tidak rusak, hilang atau dimanfaat oleh orang yang tidak berhak.
  7. Melaporkan kehilangan dan kerusakan identitas peserta yang diterbitkan oleh BPJS Kesehatan kepada BPJS Kesehatan.
  8. Menyetujui membayar iuran pertama paling cepat 14 (empat belas) hari kalender setelah menerima virtual account untuk mendapatkan hak dan manfaat jaminan kesehatan.

 

Semooga artikel diatas bermanfaat 🙂

sumber :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s