Asuransi · asuransi unit link · investasi

Asuransi Unit Link, Asuransi atau Investasi ?

Mungkin teman-teman pernah mendengar atau ditawari produk asuransi unit link oleh agen asuransi. Pada dasarnya produk asuransi unit link adalah gabungan antara produk asuransi jiwa dengan investasi.

Dalam mengelola keuangan, kita memerlukan unsur proteksi dan investasi. Proteksi jelas untuk membantu ketika kita mengalami sakit, musibah cacat atau kematian. Investasi diperlukan untuk memenuhi tujuan-tujuan keuangan kita. Lalu apakah unit link termasuk dalam produk investasi?

Unit link merupakan produk asuransi, produk unit link adalah gabungan antara asuransi jiwa tradisional (umumnya hanya term life dan whole life) dengan investasi (jenis reksa dana). Unitlink, dipasarkan di Indonesia, karena dahulu banyak masyarakat Indonesia yang protes dan mengatakan, bayar premi asuransi jiwa itu rugi. Kenapa rugi? Dikatakan seolah-olah rugi karena jika nasabah sehat dan berumur panjang, maka perusahaan asuransi jiwa tidak akan bayar klaim.

Lalu, kalau bukan nasabah yang bayar premi tahunan, jadi siapa yang akan bayar premi asuransinya? Akhirnya para ahli asuransi berdiskusi dengan ahli investasi mengeluarkan konsep, gabungan proteksi sekaligus investasi. Jadi uang investasi tersebut dapat digunakan untuk membayarkan biaya-biaya asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Hal ini mengakibatkan seolah-olah masyarakat tidak perlu lagi membayar biaya asuransi. Jika perhatikan skema cara kerja asuransi unit link, Anda akan mengetahui aliran uang untuk proteksi dan uang untuk investasi.

Keuntungan Membeli Asuransi Unitlink

  1. Uang premi seakan-akan tidak hangus, karena sebagian di kelola dalam produk investasi. Nilai ini dapat dicarikan untuk memenuhi tujuan keuangan.
  2. Asuransi jiwa dapat berlaku seumur hidup (sampai berumur 75, 80, atau 99 tahun, tergantung aturan yang tertulis dalam polis).
  3. Tak perlu repot mengurusi investasi karena sudah ada perusahaan asuransi yang menanganinya.
  4. Menawarkan asuransi tambahan (rider) untuk melengkapi perlindungan dasar.
  5. Uang pertanggungan dan hasil investasi tidak dikenai pajak. Sebenarnya pajak investasi sudah diperhitungkan di dalamnya. Jadi klien terima bersih.

 

Kerugian Membeli Asuransi Unit Link

  1. Manfaat investasi tak maksimal karena fokus utama produk unitlink adalah proteksi.
  2. Premi asuransinya cenderung lebih mahal ketimbang asuransi jiwa murni. Terlebih jika terlalu banyak mengambil asuransi tambahan (rider).
  3. Tak ada jaminan atas hasil investasi. Artinya, bisa saja investasi dari premi Anda tidak mendatangkan keuntungan.
  4. Nilai proteksinya biasanya lebih kecil dibanding asuransi jiwa murni, untuk besaran premi yang sama.

 

sumber :

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s