Kartu kredit

Kesalahan Pengguna Kartu Kredit

Apakah Anda pengguna kartu kredit? Jangan sampai Anda melakukan kesalahan dalam menggunakan kartu kredit, berikut ini adalah beberpa kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna kartu kredit.

#1. Memiliki Lebih dari Satu Kartu Kredit 

Berapa kartu kredit yang Anda miliki? Satu ? dua? atau bahkan lima kartu kredit ? Masalah yang timbul jika seseorang memiliki lebih dari 1 kartu kredit adalah saat melakukan pembayaran. Tanggal jatuh tempo, besaran masing-masing kartu kredit dan lain sebagaiya. Jadi sebisa mungkin dalam 1 keluarga, jangan lebih dari 3 kartu. Sebenarnya 2 kartu saja sudah cukup, yaitu 1 untuk suami dan 1 untuk istri.

#2. Tidak Tahu Biaya di Dalam Kartu Kredit

Apakah Anda sudah tahu biaya-biaya yang dikenakan kartu kredit Anda? Biaya administrasi? Biaya denda jika terlambat bayar? Biaya denda jika melebihi limit? Termasuk kurs yang dikenakan saat Anda menggunakan kartu kredit di luar negeri. Diskon biaya tahunan jika mencapai jumlah pembelian minimum (annual minimum spending)? Jika saat ini Anda belum tahu, langsung segera hubungi bank penerbit kartu kredit Anda.

#3. Terlambat Membayar Tagihan 

Kesalahan selanjutnya adalah terlambat melakukan pembayaran, karena suka menunda dan/atau terlalu banyak kartu kredit sehingga membingungkan. Anda dapat menggunakan fitur pengingat (reminder) di handphone Anda agar tidak lupa membayar tagihan kartu kredit.

#4. Membayar Minimum Tagihan 

Kesalahan fatal penggunaan kartu kredit yang dapat membuat seseorang bangkrut adalah membayar minimum tagihan. Jika Anda bayar minimum tagihan, maka sisa tagihan Anda akan dikenai bunga. Dan silahkan dihitung, berapa bunga yang dikenakan setiap bulannya. Bunga 2% setiap bulan itu termasuk bunga yang besar lho!

#5. Tidak Mengecek Tagihan Bulanan 

Apakah Anda suka mengecek tagihan Anda? Saat ini marak terjadinya pencurian identitas oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Jadi biasakan diri Anda untuk mengecek kembali pengeluaran kartu kredit Anda, agar tidak terjadi kesalahan.

 

Semoga artikel diatas bermanfaat 🙂

 

Sumber :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s