emas · harga emas hari ini · investasi · logam mulia

Logam Mulia atau Cukim?

Mungkin Anda asing dengan istilah emas lokal (cukim) terutama bagi Anda yang merupakan Investor baru, namun sebenarnya investasi emas lokal ini banyak ditemui di Indonesia. Sebelum masuk pada pembahasan yang lebih detil, Anda perlu tahu baik logam mulia bersertifikat dan emas lokal adalah sama. Keduanya adalah logam mulia yang dapat dijadikan sarana investasi. Lalu apa perbedaan antara logam emas mulia dan emas lokal, perbedaannya adalah kadar dan standar sertifikasi.

Logam Emas Mulia Bersetifikasi

Logam mulia bersertifikasi merupakan logam mulia yang paling sering ditemui dan salah satu perusahaan di Indonesia yang memproduksi logam mulia bersertifikasi adalah PT. Aneka Tambang Tbk (ANTAM). Coba Anda perhatikan saat membeli logam mulia ANTAM, pasti ada biaya untuk mencetak sertifikat, sebesar Rp 40.000 per gram. Umumnya logam mulia bersertifikat memiliki bentuk yang bagus seperti persegi panjang dengan sisi yang rounded (seperti gambar di bawah ini). Oleh sebab itu banyak orang beranggapan dan mengatakan harga emas ANTAM pasti lebih mahal.
Content Image
Keuntungan memiliki sertifikat itu tentunya emas yang Anda tergaransi memiliki kadar 24 karat. Anda juga tidak erlu khawatir tanggal pembelian emas tidak mempengaruhi harga penjualan kembali, namun ingat ketika menjual logam mulia bersertifikat, harga yang dihitung adalah harga emasnya saja (tanpa ada tambahan biaya sertifikat) . Anda dapat membeli emas ANTAM atau logam mulia bersertifikat di butik ANTAM, toko emas dan toko online yang terpercaya. Anda sebagai pembeli harus lebih cermat, karena ada beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang memalsukan emas dan sertifikatnya.

Emas Lokal (Cukim)

selain logam mulia bersertifikat, terdapat juga emas loka atau disebut juga cukim. biasanya emas (cukim) lokal ini dijual di toko-toko emas, karena tidak ada sertifikatnya, makan emas loka tidak tergaransi kadar emasnya. Dalam membeli emas lokal Anda perlu berhati-hati bisa saja emas yang Anda beli tidak memiliki kadar 24 karat, karena tercampur dengan logam lainnya.

Content Image

Bentuk fisik emas lokal (cukim) biasanya berbentuk bola atau bongkahan-bongkahan kecil (seperti kerikil). Sebenarnya emas lokal (emas cukim) adalah hasil peleburan perhiasan-perhiasan emas lalu kemudian dimurnikan. Kebanyakan toko emas tidak memiliki teknologi untuk mencetak secara rapi, sehingga emas lokal (cukim) yang dijual berbentuk bola atau bongkahan kerikil. Harga jual dan harga beli emas lokal (cukim) sama seperti harga emas logam mulia tanpa ada biaya sertifikat.

Kelemahan membeli atau berinvestasi emas lokal (cukim) adalah pada saat menjual kembali. Anda tidak dapat menjual emas lokal (cukim) di seluruh tempat, karena tidak semua toko emas bisa menerima kembali emas lokal (cukim). Anda hanya dapat menjual emas cukim di tempat Anda membelinya, karena toko emas tersebut yang tahu persis berada kadar emas tersebut.  Jika Anda ingin membeli emas lokal (cukim), baca tips-tips berikut ini :

  1. Beli di toko emas yang terpercaya di kota Anda.
  2. Jangan lupa minta tanda beli (nota pembelian) dan simpan baik-baik nota tersebut. Nota pembelian tersebut harus Anda sertakan saat menjual kembali emas cukim.
  3. Sebelum membeli emas cukim, pastikan Anda sudah mengcek harga emas hari ini.
  4. Simpan emas cukim di tempat yang aman, seperti di Safe Deposit Box (SDB) atau brankas pribadi.
  5. Masukkan emas cukim ke dalam plastik transparan beserta nota pembelian, agar tidak tertukar.
  6. Catat emas cukim yang Anda miliki dan beritahukan kepada pasangan. Salah satu tujuannya agar keluarga Anda ada yang mengetahui jumlah aset Anda.
  7. Jika Anda rutin membeli emas cukim, belilah di satu atau dua toko langganan. Jangan membeli emas cukim di toko yang berbeda-beda.
  8. Laporakan jumlah (dalam satuan gram dan Rupiah Anda beli) emas cukim yang Anda miliki dalam laporan pajak – SPT Tahunan Pribadi.

Kenali Untung Ruginya

setelah melihat ulasan diatas, semoga Anda dapat lebih berhati-hati dan memilih investasi yang terbaik bagi Anda , Idealnya sebelum berinvestasi apa pun, (termasuk investasi emas) sebaiknya miliki sebuah rencana investasi dan rencana keuangan. Pastikan investasi Anda sesuai dan sejalan dengan rencana keuangan Anda.

Semoga artikel diatas bermanfaat, jangan lupa untuk kritik dan sarannya dikolom komentar, terima kasih 

sumber :
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s